fbpx

Ukuran berapa idealnya kolam renang ?

Ukuran berapa idealnya kolam renang ?

Februari 25, 2017 FAQS Pertanyaan umum 6
Berapa idealnya ukuran kolam renang

Ukuran berapa idealnya kolam renang ?

Ukuran berapa idealnya kolam renang ?- Pertanyaan ini banyak kami terima dari banyak telp dari customer baru kami, Selama kami membangun kolam renang kami tidak pernah memberikan ukuran ideal kolam renang karena kami sebagai jasa kontraktor kolam renang sifatnya hanya membantu para customer untuk membuat kolam renang. 

Banyak para Customer saya buat kolam renang  mereka kami tanyakan apa keinginan bapak ibu ingin membuat kolam renang ?, dan ini jawabannya : untuk kebutuhan interior atau eksterior rumah supaya indah, kolam renang untuk pelengkap taman, saya buat kolam renang untuk anak, saya membuat kolam renang supaya saya bisa rutin olah raga renang, saya membuat kolam renang karena saya hoby berenang, saya buat kolam karena disuruh dokter untuk rutin olah raga renang, saya buat kolam renang untuk wisata, saya buat kolam renang untuk fasilitas komplek, atau sekolahan Ternyata setelah saya dengarkan beberapa customer kami itulah jawabannya.

Dan kenyataannya setelah kita survey lapangan memang tidak ada ukuran ideal kolam renang, yang ada hanya membangun kolam renang mengikuti area lahan yang ada, artinya kolam renang tidak harus besar dan membutuhkan ukuran khusus beda halnya dengan kolam renang olympic yang memiliki standard ukuran.

UKURAN IDEALNYA KOLAM RENANG

Jadi idealnya ukuran kolam renang yaitu melihat dulu fungsinya, apabila kolam renang untuk kolam renang olympic maka ukuran standaradnya  panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m. Kedalaman kolam minimum 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start. Kedalaman minimum di bagian lainnya adalah 1,0 m.[2]

Lebar lintasan paling sedikit 2,5 m dengan jarak paling sedikit 0,2 m di luar lintasan pertama dan lintasan terakhir.[2] Masing-masing lintasan dipisahkan dengan tali lintasan yang sama panjang dengan panjang lintasan.  Dan apabila untuk kolam renang fungsinya untuk kebutuhan rumah pribadi kolam renang mengikuti area lahan yang ada biasanya yang kami bangun ukuran 3m x 7m , 3m x 8m, 3.50m x 10m, 4m x 10m, 5m x 12m dan masih banyak lagi ukuran ukuran untuk kolam renang pribadi. Silahkan lihat beberpa Gallery project portfolio kami untuk melihat gambaran idealnya ukuran kolam renang yang pantas untuk rumah anda.

 

 

6 Responses

  1. wisanggono berkata:

    bagaimana cara mendangkalkan kolam renang pribadi yg terlalu dalam ?

    • kuhandagroup.com berkata:

      Pastikan terlebih dahulu lantai dan dining yang akan didangkalin waterprofing sudah benar, selanjutnya pendangkalan bisa memakai hebel sehingga beban tidak terlalu berat, setelah itu paling ujung tetap tambahkan penulangan dan cor seperti kolam kolam renang semestinya supaya tidak retak dilanjutkan waterprofing dan finishing kembali.terima kasih.

  2. Loe berkata:

    Dibelakang rumah saya masih ada lahan 6 m x 4m, sebaiknya ukuran kolam renang berapa yang ideal? Berapa budget yang harus saya persiapkan?

    Terima kasih

    • kuhandagroup.com berkata:

      Untuk area tersebut untuk sistem skimmer idealnya 5,40 x 2,5 space yang dibutuhkan 6.00m x 3,10m sisanya buat ruang mesin atau bisa jga ruang mesin di atas di area tertentu.

  3. Ugi berkata:

    Kalo lintas kecil ukuran panjangnya 25mtr itu udah masuk tingkat apa ya ? Dari segi kejuaraan

    • kuhandagroup.com berkata:

      Perlombaan renang terdiri dari nomor-nomor perlombaan menurut jarak tempuh, jenis kelamin, dan empat gaya renang (gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada). Nomor-nomor renang putra dan putri yang diperlombakan dalam Olimpiade:
      * Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra)
      * Gaya kupu-kupu: 100 m, 200 m
      * Gaya punggung: 100 m, 200 m
      * Gaya dada: 100 m, 200 m
      * Gaya ganti perorangan: 200 m, 400 m
      * Gaya ganti estafet: 4 x 100 m
      * Gaya bebas estafet: 4 x 100 m, 4 x 200 m
      * Marathon 10 km.[8]
      Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra/putri untuk nomor-nomor renang:
      * Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
      * Gaya punggung: 50 m, 100 m, 200 m
      * Gaya dada: 50 m, 100 m, 200 m
      * Gaya kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m
      * Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya lintasan pendek), 200 m, 400 m
      * Gaya ganti estafet: 4×100 m
      * Gaya bebas estafet: 4×100 m, 4×200 m.[9]

      kalau tidak ada disitu berarti tidak masuk kategori, mungkin untuk latihan masih Ok pak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.