Apakah yang dimaksud sistim sirkulasi kolam renang

Sistim sirkulasi kolam renang adalah sistim yang dibuat untuk penyaringan air kolam renang, dan memiliki tiga sistem sirkulasi yaitu sistim sirkulasi skimmer, sistem sirkulasi over flow dan sistem sirkulasi semi over flow. Pada dasarnya ketiga sistem ini sama tetapi yang membedakan desain dan konsepnya, Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan dibawah ini.

1. Sistim sirkulasi over flow.

Sistem sirkulasi over flow adalah sistem sirkulasi kolam renang dimana air kolam renang mengalir dengan melimpah disemua sisi bibir toping kolam renang, berikutnya menuju gutter atau selokan over flow dan menuju ke balancintank ditruskan ke isapan pompa, ke filter dan kembali ke kolam renang. Sistem ini memiliki keunggulan yaitu hasil penyaringan yang bisa maksimal, karena metode hisapan sirkulasi melalui 2 sampai 3 saluran yaitu maindarin dasar kolam, over flow atas permukaan air dan sirkulasi dinding dengan vacuum. Kelemahan sistem ini membutuhkan space atau lahan yang cukup luas krena sistem ini membutuhkan ruang balancintank, dan saluran over flow. Disamping itu butuh tenaga ahli atau terdidik untuk maintenance kolamrenang over flow ini.

Berikut contoh model kolam renang over flow :


2. Kolam Renang semi Over flow

kolam renang semi over flow

kolam renang semi over flow

Sistem sirkulasi semi over flow adalah sistem sirkulasi kolam renang dimana air kolam renang mengalir melimpah sebagian sisi bibir kolam renang pergerakan air sama halnya dengan sistem over flow yaitu air mengalir ke salah satu sudut over flow, menuju saluran drainase selanjutnya ke balancintank diterukan ke mesin, filter dan kembali ke kolam., konsep ini sering disebut kolam renang invinity atau kolam renang adge, karena salah satu sudut kolam renang tergenang oleh air dan tampak tidak terlihat sehingga seperti air yang melayang, Kelebihan sistem ini bisa untuk lahan minimalis, sedang ataupun besar. dan sistem ini paling banyak digunakan dan paling banyak dimintai. Konsep kolam renang ini sistem sering dipakai untuk model tanah yang memiliki kontur dan view yang luas, tetapi banyak juga diterapkan di kontur tanah yang rata khususnya kolam renang rumahan.Kelebihan sistem ini sama dengan sistemover flow yaitu menghasilkan penyaringan air yang maksimal. Kekurangannya membutuhkan tenaga terampil dan terlatih untuk maintenance kolam renang ini

Berikut Contoh Desain kolam renang semi over flow


3. Kolam Renang Skimmer

Sistem skimmer kolam renang

Sistem skimmer kolam renang

Sitem sirkulasi kolam renang skimmer merupakan sitem kolam renang yang paling simple, mudah dan tidak membutuhkan space lahan yang luas, karena sisitem ini hanya dibantu dengan sebuah skimmer dan 1 buah lubang sirkulasi bawah yaitu maindrain cara kerja sistem ini, pergerakan air dari skimmer ke isap pompa kolam renang, selanjutnya filter dan diterukan kembali ke kolam renang, ciri kolam renang skimmer adalah air kolam renang dibawah toping bibir kolam renang 10cm sampai 15cm tergantung desain yang diinginkan. kelebihan sitem ini desain simple, mudah dibuat, mudah perawatan dan tidak membutuhkan cpace lahan yang luas.

 

 

Berikut contoh model sistem sirkulasi skimmer :   

Apabila anda kurang jelas tentang sistem sirkulasi kolam renang over flow, kolam renang semi over flow dan kolam renang skimmer silahkan kirim email ke kami atau hubungi kami www.kuhandagroup.com 

No Comments Yet.

Leave a comment