FAQs

Selama kami mendirikan sebuah perusahaan banyak sekali pertanyaan pertanyaan tentang kolam renang, dari pembutan, biaya listrik dan bagaimana cara perawatan kolam renang dengan baik, untuk itu kami membuat sebuah daftar pertanyaan dan jawaban mungkin sebagian pembaca juga mempunyai pertanyaan yang sama, Mungkin juga beberapa pejelasan ini dari pembaca belum puas silahkan kirim pertanyaan anda ke contact kami, pertanyaan lewat email atau comment lebih kami hargai, karena mungkin saja kalau anda memilih untuk telepon akan membutuhkan waktu dan bisa buang waktu, belum saat kami sedang sibuk, Untuk itu kami sarankan apabila ada pertanyaan lain silahkan email ke form contact dibagian menu diatas.

 

Q?

Babagaimana cara mengatasi kolam renang yang airnya hijau ?

A.

Babagaimana cara mengatasi kolam renang yang airnya hijau ?

Q?

Seperti apakah waterfountain kolam itu ?

A.

Seperti apakah waterfountain kolam itu ?

Q?

Seperti apakah waterfall kolam renang itu ?

A.

Seperti apakah waterfall kolam renang itu ?

Q?

Dengan alat seperti apakah supaya kolam renang bebas kaporit ?

A.

Dengan alat seperti apakah supaya kolam renang bebas kaporit ?

Q?

Bagaimana mana supaya air tetap jernih ?

A.

Bagaimana mana supaya air tetap jernih ?

Q?

Perlengkapan apa kami butuhkan?

A.

Perlengkapan apa kami butuhkan?

Q?

Bagaimana cara perawatan kolam renang?

A.

Bagaimana cara perawatan kolam renang?

Q?

Berapa Biaya Listrik perbulan ?

A.

Menghitung biaya listrik untuk kolam renang ?

Berikut kami berikan sedikit penjelasan bagaimana cara mengitung biaya listrik perbulan untuk kebutuhan kolam renang dirumah.

Contoh missal:

  1. Kolam renang memiliki daya pompa ¾ Hp dan tertera 560Watt, dan setiap hari harus nyala selama 5jam.
  2. Kolam renang pada saat sore atau malam hari membutuhkan lampu penererangan dan missal 3 buah lampu 100watt dan nyala selama 4jam perhari.

Tanya : Berapa total biaya yang dikeluarkan untuk membayar listrik per 30 Hari khusus untuk kebutuhan kolam renang ? jika diketahui harga listrik per kwh januari 2017 adalah Rp.1467.28 per kwh.

Jawab :

A. Pemakaian per hari pompa kolam renang :

= ((560 Watt /  1.000) x 5 jam) x Rp. 1467.28,-

= (0,56 kWh x 5 jam) x Rp. 1467.28,-

= 2.80 kWh x Rp. 1467.28,-

= Rp. 4.108,-

Biaya Listrik per bulannya untuk Pompa 3/4 Hp adalah (Rp. 4.108,- ) x 30 = Rp.123.251.52

B. Pemakaian per hari lampu kolam renang :

= ((300 Watt / 1.000) x 4 jam) x Rp.1467.28,-

= (0.30 kWh x4 jam) x Rp. 1467.28,-

= 1.2 kWh x Rp. 1467.28,-

= Rp.1.761,-

Pemakaian per bulan adalah Rp.1.761 x 30 = Rp.52.822.08

C. Jadi Total biaya yang harus dikeluarkan perbulan untuk biaya listrik kolam renang adalah :

=  A + B

= Rp.123.251.52  + Rp.52.822.08

= Rp. 176.073.60,-

Contoh diatas adalah contoh perhitungan biaya listrik perbulan untuk ukuran pompa ¾ Hp dan lampu 100watt 3 Unit dengan waktu yang sudah ditentukan.

 

Q?

Ukuran berapa idealnya kolam renang ?

A.

Untuk idealnya kolam renang sebenarnya dilihat dari seberapa besar fungsi untuk kolam renang yang akan  anda inginkan,  apakah sebagai fasilitas untuk olah raga atau untuk segi keindahan saja atau untuk mempercepat nilai jual property.

Untuk Fasilitas Olah raga ideal untuk kolam renang adalah 12 meter sampai 15 meter  dengan melakukan gerakan olah raga renang sebanyak kurang lebih 3 kali sama dengan anda melakukan litas renang sepertinya halnya dikolam renang olympic.

Untuk segi keindahan mungkin kolam renang sebagai pelengkap elemen taman atau ruang eksterior ataupun interior anda, untuk idealnya sangatlah tidak dibatasi untuk ukuran, yang jelas mengapa dinamakan kolam renang, yaitu fungsinya untuk berenang sehingga ukurannyapun bisa menyesuaikan lahan yang ada atau fleksible.

Untuk mempercepat proses penjualan yaitu hendaknya kolam renang yang memiliki ukuran ideal rumahan antara 3x8m, 4x8m, 5x9m dan 3x10, 5x10 atau 4x12 ini merupakan ukuran yang banyak diminati dan banyak diterapkan dikolam renang rumahan.


BACA JUGA ARTIKEL : kolam renang untuk pelengkap taman, saya buat kolam renang untuk anak, saya membuat kolam renang supaya saya bisa rutin olah raga renang, saya membuat kolam renang karena saya hoby berenang, saya buat kolam karena disuruh dokter untuk rutin olah raga renang, saya buat kolam renang untuk wisata, saya buat kolam renang untuk fasilitas komplek

Q?

Apakah yang dimaksud sistim sirkulasi ?

A.

Sistim sirkulasi kolam renang adalah perputaran air dalam proses penyaringan, kolam renang tanpa adanya sistem sirkulasi tidak akan menghasilkan air yang jernih dan sehat, untuk itu sebelum membangun konsutasikan terlebih dahulu kepada pihak yang akan membangun kolam renang, dan sistem sirkulasi tidak bisa asal dengan memakai pipa semua ada aturan dan standardnya.

Ssitem sirkulasi sendiri dibagi menjadi 3 yaitu : Sistim sirkulasi skimmer, sistim sirkulasi semi over flow dan sistim sirkulasi over flow.

Q?

Sistim sirkulasi apakah yang bagus ?

A.

Pada dasarnya semua sistem sirkulasi adalah bagus tinggal kita yeng me maintenancenya setelah jadi nanti, semakin perawatannya bagus makan hasil yang didapkan juga akan sama baiknya. yang membedakan di sistim sirkulasi yaitu lahan area dan segi estetika keindahan setelah jadi nantinya.

Untuk sistem skimmer merupakan sistem yang sangat simple dan serderhana tetapi hasil estetika yang didatkan juga lebih sederhana. Menga dibilang skimmer karena sistem skimmer ini memakai alat salah satunya yaitu skimmer box . Dan cici ciri kolam renang skimmer adalah tidak adanya tumpahan atau flow dari salah satu sisi bibir atau toping kolam renang dan level air dibawah kurang lebih 10cm dari deck plasa kolam renang.

Untuk sistim semi over flow merupakan sistem yang memiliki desain salah satu level toping bibirnya tidak sama, dan salah satu bibirnya akan dilalui air atau air flow atau air tumpah sehingga ini dinakaman semi over flow karena air tidak tumpah ke semua sisi atau keliling kolam renang namun hanya sebagian saja. Desain ini banyak diterapkan di lahan yang memiliki contur tanah yang tidak sama, miring atau berundak, seperti contoh :

 

Q?

Material bibir atau toping kolam renang Yang Bagus

A.

Material bibir atau toping kolam renang Yang Bagus? Kata bagus sebenarnya selera setiap orang, terkadang kita bilang material ini bagus tapi customer bilang saya gak suka material tersebut, sehingga kata bagus menurut kami ? itu selera anda dan anda berhak memilih kami sebagai kontraktor hanya memberi penjelasan kekurangan dan kelebihan beberapa material  finishing toping bibir kolam renang, Untuk Tidak bagusnya tergantung tukang yang akan mengerjakan karena kalau percuma saja apabila material mahal tapi pemasangan rapi dan hasilnya jadi murahan dan sebaliknya material murah kalau yang pasang bagus dan rapi pasti hasilnya bernilai tinggi.

Oke selanjutnya saya jelaskan satu satu tentang material finishing yang umum digunakan untuk kolam renang.

  • Finishing Batu Alam Basalto ? Batu ini memiliki karakter paling keras tapi hasilnya setelah finishing akan seperti granit, ada dua type batu basalto yaitu hitam bintik putih, dan kehijauan bintik putih pada umumny yang paling mahal dan banyak orang pakai hitam bintik putih. Untuk finishing kolam biasanya pakai yang ukuran 30x60 tebal 3cm atau 30x30 tebal 3cm hasil akan lebih kokoh dan tampak elegan saat dipinggul.
batu alam basalto untuk kolam

batu alam basalto untuk kolam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Batu Alam Andesit

Q?

Material dinding & lantai kolam renang ?

A.

Material dinding & lantai kolam renang ?

 

Q?

Berapa Biaya Membuat Kolam Renang ?

A.

Berapa Biaya Membuat Kolam Renang ?